Rahasia Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set Yang Terlihat Sangat Rapi

dapur minimalis
Selain kamar tidur, dapur juga menjadi salah satu ruangan penting dalam setiap rumah karena di sinilah tempat penyimpanan bahan makanan dan tempat untuk mengolahnya. Bahkan, untuk jenis dapur minimalis juga digunakan sebagai ruang makan sehingga bisa menjadi tempat berkumpul bersama dengan anggota keluarga saat makan. Permasalahannya, dapur minimalis memiliki ukuran yang tidak seluas dapur umumnya sehingga penggunaan perabotan sangat dibatasi.

Salah satu perabotan yang dihindari pada dapur jenis minimalis adalah kitchen set. Meski demikian anda jangan beranggapan dapur tidak bisa ditata dengan baik, tanpa kitchen setpun anda bisa membuat tampilan dapur tetap rapi, bersih dan tentunya tidak terlihat sempit. Berikut ini adalah rahasia membuat dapur yang minimalis nampak rapi tanpa menggunakan kitchen set dari rumahbeken.com.

1.    Simpan peralatan sesuai kebutuhan
Peralatan di dapur dibagi menjadi dua jenis yaitu peralatan yang selalu dipakai dan peralatan yang jarang dipakai. Untuk membuat dapur minimalis tetap rapi maka sebaiknya simpan peralatan yang jarang dipakai seperti blander, oven, mixer, microwave atau nampan ditempat khusus seperti lemari atau rak dapur yang tempatnya menyisih. Sedangkan untuk peralatan yang selalu digunakan seperti panci, spatula, sendok, pisau, piring dan lain sebagainya bisa disimpan di area memasak. Dengan demikian maka tidak akan ada banyak peralatan yang berhamburan di setiap bagian dapur sehingga dapur terlihat rapi dan bersih.

2.    Manfaatkan dinding
Ukuran dapur minimalis cukup kecil sehingga tempat penyimpanan peralatan dapur akan sangat terbatas. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Caranya mudah dengan memberi paku atau gantungan kemudian meletakkan beberapa peralatan seperti panci, wajan, spatula dan lain-lain di gantungan tersebut. Bisa juga dengan memanfaatkan sebuah papan yang ditempelkan di dinding kemudian meletakkan beberapa peralatan dapur berukuran kecil di atasnya.

3.    Gunakan rak berbentuk vertikal
Jika ingin memiliki rak penyimpanan untuk dapur minimalis, ada baiknya anda memilih rak yang bersusun ke atas. Bisa 3-5 susun, sesuai dengan kebutuhan. Ini untuk memastikan ruang di bagian bawah tidak penuh dengan prabotan. Selain itu pilih rak yang terbuat dari bahan kaca untuk mengilustrasikan ruangan tetap terlihat terbuka.

4.    Manfaatkan ruang kosong di bawah wastafel
Ketika sebuah dapur minimalis menggunakan wastafel pencuci piring maka akan ada ruang kosong di bawahnya. Anda bisa memanfaatkan ruang ini untuk tempat penyimpanan alat-alat dapur yang jarang dipakai. Agar terlihat lebih rapi, buatlah ruangan tersebut seolah-olah sebuah cabinet yang dibentuk menggunakan semen dengan bentuk persegi kemudian dilengkapi dengan pintu.

5.    Gunakan toples-toples minimalis
Untuk memudahkan anda menyimpan berbagai kebutuhan seperti garam, gula, bubuk kopi, teh, susu, kemiri, ketumbar, merica dan lain sebagainya, gunakankah toples berbentuk minimalis. Hindari memilih bentuk bulat karena akan sulit disusun sehingga menghabiskan banyak tempat. Pilih bentuk persegi kemudian susun semuanya pada rak yang anda miliki. Dengan demikian maka area memasak terlihat lebih rapi. Bukan itu saja, anda juga lebih mudah mencari bahan-bahan memasak yang anda butuhkan karena semua tersusun rapi di rak.

Itulah beberapa rahasia dari rumahbeken.com untuk membuat dapur minimalis tetap nampak rapi meski tidak menggunakan kitchen set. Selain itu, pastikan anda selalu membersihkan dapur agar suasana dapur tetap nyaman, bersih dan aman dijadikan sebagai tempat mengolah makanan untuk keluarga anda. perhatikan juga masalah pencahayaan dan ventilasi udara karena kedua sangat mempengaruhi nyaman tidaknya sebuah dapur.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set Yang Terlihat Sangat Rapi"

Post a Comment